Bupati dan Wakil Walikota di Jawa Timur Meninggal Dunia , Belasan Kepala Daerah Positif Covid-19

oleh

Surabaya, Memo

Di Jawa Timur, selama 2020 ini, sudah ada 2 Bupati dan 1 wakil walikota meninggal dunia setelah dinyatakan terkonfirmasi Covid 19. Sedang 9 kepala daerah lainnya di Jawa Timur juga mengalami terkonfirmasi positif Covid 19. Namun, dari sembilan tersebut, akhirnya dinyatakan sembuh dan bisa beraktifitas lagi.

Sementara itu, kasus positif COVID-19 di Jawa Timur bertambah 896 pada 30 Desember 2020. Dengan demikian, total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 83.217. Dari data yang diperoleh Memo, pasien sembuh bertambah 911 orang. Total pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 71.378.

Sementara itu, pasien meninggal karena COVID-19 bertambah 61 orang menjadi 5.762 orang. Pasien dirawat karena COVID-19 mencapai 6.077. Angka tersebut di Jawa Timur, diambil per 30 Desember 2020 ini.

Memo, pada akhir tahun 2020 ini, menurunkan tulisan tentang 11 kepala daerah di Jawa Timur yang terpapar Covid 19. Sembilan diantaranya, berhasil sembuh dan bisa menjalani aktifitas kembali sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Nur Ahmad Syaifudin alias Cak Nur, Plt Bupati Sidoarjo, dinyatakan positif Covid 19, setelah menjalani perawatan sakitnya selama 10 hari. Di hari hari terakhir, Bupati Sidoarjo disela sela menjalani perawatannya, melakukan tes swab. Pasalnya, dia mengalami sesak dan batuk batuk serta demam.

Hasil tes swab tersebut, ternyata positif dan Bupati Sidoarjo terkonfirmasi Covid-19. Pada hari itu juga, tim dokter Bupati idarjo melakukan perawatan dengan standart penanganan kessehatan untuk penderita Covid. Sayangnya, tidak lama setelah tes swab tersebut, Plt Bupati Sidarjo meninggal dunia.

Setelah dirawat karena terkonfirmasi Covid 19, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dikabarkan tutup usia. Bupati mninggal dunia setelah tiga hari melawan keganasan Covid 19, tepatnya 26 November 2020.

Sebelumnya, Bupati Situbondo tersebut terconfirmasi positio Covid 19, pada 24 November 2020 dan dirawat di RSUD dr Abdor Rahim Situbondo. Kepastian bahwa Bupati Situbondo terconfirmasi Covid 19, disampaikan oleh Sekda Pemkab setempat, Syaifullah.

Sepulang dari perjalanan dinas dari kota Bandung, 11 Nopember 2020, Wakil Walikota Probolinggo Subri, mengalami penurunan nafsu makan dan merasakan demam. Tanggal 14 alami batuk batuk. Tanggal 15 badannya panas.

Meski begitu, Wakil Wali Kota Probolinggo Saoufis Subri tetap menerima tamu. Tanggal 18 Nopember menerima kunjungan tamu dari DPRRI. Pada 20 Nopember, Wawali mengeluh demam dan poanasnya tidak turun. Pada 22 Nopember, wakil walikota itu sesak nafas. Dia dilarikan ke RSUD dr Soetomo Surabaya.

Tanggal 9 Desember 2020 Wakil Walikota Probolinggo Ir H. Mochammad Soufis Subri tutup usia karena COVID-19. Kabar itu diperoleh melalui akun media sosial Facebook Pemerintah Kota Probolinggo pada Rabu, 9 Desember 2020.

Bupati Jombang Hj Mundjidah juga terkonfirmasi positif COVID-19 setelah melakukan dua kali tes swab pada Jumat, 13 November 2020. Ia juga menjalani perawatan di RSUD dr. Soetomo Surabaya sejak Senin, 23 November 2020.

Putra Bupati Mundjidah , Gus Edo menyampaikan informasi entang kesehatannya yang sudah membaik setelah terkonfirmasi Covid 19. Gus Edo menuturkan, bupati kembali ke Jombang dengan kondisi cukup baik pada Selasa, 8 Desember 2020.

Wali Kota Malang Sutiaji mengumumkan ia dan keluarganya terkonfirmasi positif COVID-19 lewat akun media sosial pribadinya. Ia dan keluarganya lalu menjalani tes PCR pada Senin kemarin. “Hasil laboratorium (keluar) kemarin malam, kami dinyatakan positif,” kata Sutiaji di Malang, Selasa, 1 Desember 2020.

Saat ini Kondisi Sutiaji dan keluarga semakin membaik setelah perawatan akibat COVID-19. Ia bahkan sudah beraktivitas secara daring.

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari terkonfirmasi positif COVID-19 pada Senin, 23 November 2020 setelah jalani tes usap PCR COVID-19 di Laboratorium Kesehatan Daerah Probolinggo (Labkesda) Probolinggo.

Pada Minggu, 22 November 2020, rasa lemas dan kantuk bukannya hilang tetapi seluruh tulang dan sendiri ngilu dan linu setelah melakukan olahraga berat.

Tantriana menjalani karantina di rumah isolasi pada 24 November 2020 karena tidak memerlukan perawatan medis khusus. Pada Minggu, 6 Desember 2020 Bupati Probolinggo itu sudah bisa berkumpul kembali bersama keluarga, tetapi tetap harus menjalani karantina atau isolasi mandiri di rumah.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, positif COVID-19. Informasi tersebut disampaikan Thoriq melalui akun Facebooknya yang diunggah pada Jumat,11 Desember 2020 pukul 06.00 WIB. Dalam video tersebut, Thoriq menyatakan terkonfirmasi positif setelah melalui tes swab yang kedua.

“Saya sudah dua kali mengadakan tes swab. Yang pertama, hari Rabu (9/12), saat itu saya dinyatakan negatif COVID-19. Lalu keesokan harinya, tepatnya tadi malam Kamis, 10 Desember 2020, saya melakukan tes swab yang kedua. Hasilnya saya dinyatakan positif,” ujar Thoriq.

Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e positif COVID-19. Ketua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 RSUD dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat, membenarkan informasi itu. “Ya positif,” ujarnya saat dikonfirmasi Kamis, 17 Desember 2020.

Saat ini, kata Syaiful, Wabup Pamekasan sedang dirawat di RSUD dr. Soetomo, Surabaya. Sebab ketika hasil tes swab keluar pada Selasa, 15 Desember 2020, Rajae dinyatakan positif COVID-19 dengan gejala sesak. Namun informasi terbaru, kondisinya sudah membaik.

Bupati Sumenep, Busyro Karim, istri dan anaknya dikabarkan positif COVID-19. Kabar ini pun dibenarkan oleh istri Busyro, Nurfitriana Busryo.”Alhamdulillah keadaan kami membaik dibanding sebelum masuk RS (rumah sakit),” ucapnya.

Fitri memastikan semuanya telah terus membaik dibandingkan sebelum masuk rumah sakit. Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur (Jatim) Fraksi PKB ini juga mengimbau masyarakat khususnya di Jatim dan Sumenep supaya disiplin protokol kesehatan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Gresik, Syaifudin Ghozali memberi kabar bahwa Bupati Gresik Sambari Halim Radianto terkonfirmasi positif COVID-19. Namun, kondisi Bupati Gresik sekarang sudah pulih.

” Saat ini keadaan Bupati dalam keadaan baik, dan katanya sudah kembali bugar,” ujar dia di Halaman Kantor Bupati Gresik, Selasa, 29 Desember 2020. Ia menuturkan, Bupati Gresik Sambari terdeteksi terpapar COVID-19 setelah permintaan tes PCR COVID-19.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspita Sari terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 tanpa gejala dari hasil tes PCR COVID-19 pada Senin 28 Desember 2020

Wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini mengatakan, sebelum dinyatakan positif COVID-19, beberapa pegawai di ring satu yang bertugas di rumah dinas wali kota diketahui ada yang terpapar terlebih dahulu. Oleh karena itu, dirinya melakukan tes usap COVID-19 secara bersama. ( ed )
Artikel ini, juga ditulis di Memo utama, dengan judul 2 Bupati dan 1 Wakil Walikota Meninggal, 9 Kepala daerah lainnya Positif Covid 19