Mayat Sudah Dikubur 20 Tahun Masih Utuh, Gemparkan warga Kauman Bojonegoro

oleh

Bojonegoro, Memo
Masyarakat di dekat Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoto, Jawa Timur, digemparkan temuan mayat yang terletak di alam kubur masih dalam kondisi utuh. Diperkirakan, mayat yang masih utuh tersebut, telah terkubur 20 tahun kemudian.

Temuan mayat dalam keadaan masih utuh itu, bermula dikala masyarakat desa tersebut lagi melaksanakan pengalian kuburan buat pemakaman masyarakat yang baru saja wafat. Masyarakat wafat yang hendak dikuburkan tersebut bernama almarhum Kusnaini. Kusnaini wafat pada bertepatan pada 5 Januari 2021. Sebagian masyarakat terletak di rumah duka buat melayat, sebagian lagi melaksanakan penggalian liang kuburan, tempat peristirahatan terkahir almarhum Kusnaini.

Baberapa masyarakat yang melaksanakan penggalian nampak kaget. Alasannya, sehabis menggali liang lahat sedalam 1, 5 m, sebagian masyarakat mengenali terdapat kain kafan corak putih yang telah pudar kecoklatan. Kala penasaran, kainj kafan itu disibakkan sedikit, buat mensterilkan tanah dalam liang kuburan itu.

Betapa kagetnya masyarakat, pernah melihat jasat seorang yang masih utuh dalam kuburan itu. Sebab takut menganggu serta membuat tidak aman dari keluarga dari mayat tersebut, kain kafan ditelangkupkan lagi. Setelah itu masyarakat yang melaksanakan penggalian tanah, mengurukkan sebagian bagian tanah ke bagian mayat yang masih utuh tersebut. Diperkirakan, masyarakat yang melaksanakan penggalian liang lahat sangat dalam, sehingga mencukupkan hingga batasan 1, 5 m saja.

Masyarakat di Desa kauman, tempat pemakaman umum itu terletak, tidak mengenali makam siapa. Alasannya, saat sebelum melaksanakan penggalian kuburan baru buat mayat Kusnaini, di atas tanah tidak terdapat batu nisan. Telah tidak terdapat indikator berbentuk nisan ataupun indikator yang lain, misalnya tumbuhan ataupun bebatuan.

Salah satu penggali makam, bernama Sumaji mengaku kalau sepanjang ia menggalin kuburan, dalam kurun waktu tersebut dirinya merasa tidak sempat memakamkan jenazah di titik lubang yang digali.” Kala dicoba penggalian, pula ditemui sebatang kayu jati. Batang kayu jati itu, mungkin digunakan buat penutup bagian atas, jasat mayatnya,” katanya.

Sebagian masyarakat dekat, pula sebagian tukang gali kuburan di Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro memperkirakan, mayat yang masih utuh tersebut diperkirakan berumur dekat 20 tahun. Perkiaraan mereka berdasar kesksian sebagian masyarakat yang pula mengenali sejarah serta keberadaan dekat posisi tempat pemakaman tersebut.( ed)