SempatJarang Beroperasi,Tiga Kereta Api Tujuan Jakarta Kembali Jalan

oleh
Sempat Jarang Beroperasi, Tiga Kereta Api Tujuan Jakarta Kembali Berjalan

Madiun, Memo
Pada Bulan Februari 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka). yang baru Meski sudah diberlakukan secara resmi, namun ada tiga KA keberangkatan dari wilayah Daop 7 Madiun tujuan Jakarta yang jarang beroperasi dikarenakan minimnya minat masyarakat. Tiga KA tersebut adalah KA Bangunkarta relasi Jombang – Pasar Senen PP, KA Singasari serta KA Brantas relasi Blitar – Pasar Senen PP.

Sejak pemerintah mengizinkan tes Genose C-19 sebagai syarat menggunakan transportasi kereta api, dan dibukanya pelayanan tes Genose C-19 di stasiun yang ada di wilayah Daop 7, perlahan penumpang kereta api kembali meningkat.

“Tiga bulan terakhir, tren penumpang kereta api kembali meningkat. Untuk memenuhi animo masyarakat tersebut, mulai Sabtu (5/6) kemarin, KA Bangunkarta, KA Singasari dan KA Brantas berjalan setiap hari selama bulan Juni ini,” ungkap Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko.

Sebelumnya ketiga KA tersebut hanya dijalankan saat libur akhir pekan atau long weekend, dikarenakan masyarakat masih membatasi kegiatan bepergian dengan transportasi umum. Peningkatan animo masyarakat pada tiga bulan terakhir bisa dilihat dari jumlah penumpang naik di wilayah Daop 7 Madiun, Bulan Maret sejumlah 124.952, Bulan April sebanyak 139.770, dan Bulan Mei sejumlah 153.216.

“Sementara operasional setiap hari ketiga KA tersebut baru selama Bulan Juni. Bila minat masyarakat tetap tinggi, tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan seterusnya,” kata Ixfan lebih lanjut.

Selain ketiga KA jurusan jakarta tersebut, juga terdapat satu kereta keberangkatan Daop 7 Madiun dengan relasi Blitar – Kiaracondong Bandung, yaitu KA Kahuripan yang berjalan setiap hari.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, KAI Daop 7 Madiun juga telah menyediakan 6 stasiun yang melayani rapid tes antigen dengan harga Rp. 85.000 yaitu Stasiun Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung dan Blitar. Sedangkan 7 stasiun yang melayani tes Genose C-19 dengan harga Rp. 30.000,- antara lain Stasiun Madiun, Nganjuk, Jombang, Kediri, Tulungagung dan Blitar.

KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam operasional kereta api, seperti mensyaratkan surat keterangan bebas covid-19 yang ditunjukan dengan hasil negatif tes Genose yang berlaku 1×24 jam atau rapid tes antigen yang berlaku 3×24 jam dari sejam pengambilan sample. Selain itu pelanggan juga masih wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, serta dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas) selama perjalanan.

“Tiket KA Bangunkarta, Singasari, Brantas, serta beberapa kereta api lainnya keberangkatan hingga akhir Bulan Juni sudah bisa di pesan. Bagi masyarakat bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access maupun channel yang lain,” tutup Ixfan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan KA, masyarakat dapat menghubungi contact center KAI melalui telpon (021) 121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.